Assalamu’alaikum Minnasan^^
Melanjutkan pembahasan mengenai
film Doraemon : Stand By Me, kali ini
saya akan membahas bagaimana proses pembuatan animasi tersebut dalam software-software
3d yang digunakan.
Saya akan membandingkan proses
pembuatan animasi dalam 2 software yang berbeda. Sayangnya dari hasil
penelusuran Google, belum terdapat info mengenai software yang digunakan dalam
pembuatan animasi ini. Dari beberapa artikel yang saya baca, pembuatan film
animasi dalam studio – studio besar biasanya menggunakan aplikasi yang sudah
dikembangkan sendiri dan tidak dipublikasikan. Seperti Pixar, hanya sedikit
informasi mengenai software yang digunakan dalam berbagai animasi yang telah
dibuatnya. Dari informasi yang tersedia, Pixar menggunakan Marionette (aplikasi)
yang dikembangkan sendiri untuk proses pembuatan animasi dan RenderMan untuk
proses rendering animasi.
Dalam proses pembuatannya, tidak
hanya satu aplikasi saja yang digunakan, namun terdiri dari beberapa aplikasi. Seperti
yang dijelaskan dalam cgw.com
As far as commercial tools, Pixar used Apple Computer's Shake (formerly from Nothing Real), along with its own proprietary software, for compositing. Alias|Wavefront's Maya was used to do element, set, and prop modeling. Maya was also used for some shading, and many of the effects were based on Maya particle systems. Adobe's After Effects was used for a number of shots, while most of the digital painting was done with either Interactive Effects' Amazon Paint or Adobe's Photoshop.
Lalu bagaimana dalam proses pembuatan animasi Doraemon?
doraemon-3d.com
mempublikasikan video berdurasi 01:29 menit mengenai proses pembuatan
animasi Doraemon Stand By Me. Bisa dilihat tahap demi tahap
prosesnya, sangat panjang dan kompleks. Tokoh Nobita dibuat sangat detail.
Selanjutnya akan saya bandingkan
dengan software CGI lainnya, yaitu yang sedang saya pelajari dalam semester
ini, aplikasi open source Blender. Blender
adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini
digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D
interaktif dan permainan video.
Saya akan tunjukan sebuah tutorial membuat animasi
Doraemon dengan Blender, walaupun tidak sepadan, kita akan lihat bagaimana
perbandingannya.
Jika dibandingkan antara software
yang dipakai dalam animasi Doraemon dengan blender tentu software yang
digunakan Doraemon jauh lebih unggul. Karena software tersebut dirancang
sedemikian rupa untuk menghasilkan animasi Doraemon yang maksimal. dimana proses modeling, pencahayaan, animasi benar-benar detail dan kompleks sampai objek tersebut terasa asli.
Pada blender
masih terdapat kekurangan yaitu :
- Tool yang disediakan tidak lengkap.
- Semua dilakukan secara manual.
- User Interfacenya cukup berantakan (GUI tidak ramah).
- Tidak ada plugin-plugin.
- Tidak ada biped.
Namun aplikasi blender ini baik
digunakan untuk pemula yang ingin mempelajari animasi 3D, karena tidak
membutuhkan ruang kapasitas yang banyak dan lebih ringan untuk proses
rendering.
Sekian ulasan dari saya. Maaf
kalau kata-katanya gado-gado :D
Wassalamu’alaikum Minnasan^^
Sumber :
Diakses pada hari Senin, 14 November 2016
Pukul 02:38 WIB
0 komentar:
Posting Komentar