Jumat, 30 September 2016

Animasi dalam Film Stand By Me Doraemon

Diposting oleh Unknown di 12.15


   Image result for doraemon stand by me
      
     Assalamu’alaikum Minnasan^^
   Doraemon? Pasti tidak asing lagi didengar di telinga kalian. Sebuah robot kucing berwarna biru yang mempunyai kantung kecil ajaib didepannya. Datang dari abad 22 untuk membantu seorang anak pemalas bernama Nobi Nobita. Lewat kantungnya itu ia bisa mendatangkan alat apa saja yang diinginkan. Karya karangan Fujiko F. Fujio ini sangat disukai oleh berbagai kalangan. Anak kecil, remaja, orang dewasa bahkan kakek nenek pun  menikmati cerita ringan dan menghibur dalam bentuk manga dan anime.

   Selama hampir 25 tahun menjadi tontonan andalan, serial TV Doraemon yang diputar dalam channel nasional ini menyuguhkan imajinasi yang luar biasa lewat teknologi-teknologi yang ada dalam film tersebut. Selama 10 tahun terakhir juga , film ini bertahan dalam bentuk animasi 2D konvensional. Akhirnya tanggal 8 Agustus 2014, Walt Disney International Japan merilis sebuah film berjudul Stand By Me Doraemon menggunakan teknologi 3D CG. Yeayy \(^-^)/

Trailer film Stand By Me Doraemon


Lengkapnya disini


   Memang apa bedanya dengan teknologi 3D yang biasa kita lihat? 3D CG bisa membuat grafis gambar menjadi terlihat nyata walaupun saat menonton tidak menggunakan kacamata 3D. Itu karena teknologi 3D yang digunakan merupakan gabungan 2 foto dengan sudut berbeda, sedangkan 3D CG merupakan rekayasa grafis komputer (computer graphic ).

Masih bingung? Coba baca pemaparan CGI Menurut Wikipedia :

“Computer-Generated Imagery (CGI; bahasa Indonesia: "pencitraan yang dihasilkan komputer") adalah penggunaan grafik komputer (atau lebih tepatnya, grafik komputer 3D) dalam efek spesial. CGI digunakan dalam film, acara televisi dan iklan, dan juga media cetak. Permainan video umumnya menggunakan grafik komputer waktu-nyata (jarang disebut sebagai CGI), namun juga sering menggunakan "adegan tengah" (cutscene) yang telah dirender dan film-film pembuka yang mirip dengan penggunaan CGI. Ini dinamakan Full Motion Video (FMV).”

   Film Stand By Me Doraemon ini sukses membuat 3 kakak beradik (Saya dan adik) akur. kami menonton film tersebut dengan kagum karena objek-objek yang ditampilkan sangat terlihat nyata. Lihat saja rambutnya yang lembut dan bergerak - gerak , so smooth. Permainan warna dalam film ini pun sangat kayak dan warna-warni. Sesuai sekali dengan genre film yang diperuntukkan oleh anak-anak.

Penasaran dengan pembuatan animasi film ini, mari kita lihat lewat video di bawah :


   Bisa diliat tahap demi tahap pembuatan animasinya, objek Nobita dan Doraemon yang bergerak terlihat mulus dan asli, serta properti disekelilingnya digambarkan dengan detail.
   
   Sekian ulasan dari saya. Maaf kalau kata-katanya gado-gado :D
   Wassalamu’alaikum Minnasan^^


Sumber :
Diakses pada hari Minggu, 01 Oktober 2016
Pukul 02:11 WIB

http://girls.kidnesia.com/Girls/Hot-News/Artikel/Fun-Facts-Stand-By-Me-Doraemon
https://www.kaorinusantara.or.id/newsline/18059/ulasan-anime-stand-doraemon
https://id.wikipedia.org/wiki/Doraemon
https://id.wikipedia.org/wiki/Stand_by_Me_Doraemon

0 komentar:

Posting Komentar

Pink Bobblehead Bunny
 

My ( Mind + Act + Story ) Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting