Minggu, 13 November 2016

Software pembuatan Film Doraemon : Stand By Me.

Diposting oleh Unknown di 11.39




Assalamu’alaikum Minnasan^^

Melanjutkan pembahasan mengenai film  Doraemon : Stand By Me, kali ini saya akan membahas bagaimana proses pembuatan animasi tersebut dalam software-software 3d yang digunakan.

Saya akan membandingkan proses pembuatan animasi dalam 2 software yang berbeda. Sayangnya dari hasil penelusuran Google, belum terdapat info mengenai software yang digunakan dalam pembuatan animasi ini. Dari beberapa artikel yang saya baca, pembuatan film animasi dalam studio – studio besar biasanya menggunakan aplikasi yang sudah dikembangkan sendiri dan tidak dipublikasikan. Seperti Pixar, hanya sedikit informasi mengenai software yang digunakan dalam berbagai animasi yang telah dibuatnya. Dari informasi yang tersedia, Pixar menggunakan Marionette (aplikasi) yang dikembangkan sendiri untuk proses pembuatan animasi dan RenderMan untuk proses rendering animasi.

Dalam proses pembuatannya, tidak hanya satu aplikasi saja yang digunakan, namun terdiri dari beberapa aplikasi. Seperti yang dijelaskan dalam cgw.com

As far as commercial tools, Pixar used Apple Computer's Shake (formerly from Nothing Real), along with its own proprietary software, for compositing. Alias|Wavefront's Maya was used to do element, set, and prop modeling. Maya was also used for some shading, and many of the effects were based on Maya particle systems. Adobe's After Effects was used for a number of shots, while most of the digital painting was done with either Interactive Effects' Amazon Paint or Adobe's Photoshop.

Lalu bagaimana dalam proses pembuatan animasi Doraemon?

doraemon-3d.com mempublikasikan video berdurasi 01:29 menit mengenai proses pembuatan animasi  Doraemon  Stand By Me. Bisa dilihat tahap demi tahap prosesnya, sangat panjang dan kompleks. Tokoh Nobita dibuat sangat detail.



Selanjutnya akan saya bandingkan dengan software CGI lainnya, yaitu yang sedang saya pelajari dalam semester ini, aplikasi open source Blender.  Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video.

Saya  akan tunjukan sebuah tutorial membuat animasi Doraemon dengan Blender, walaupun tidak sepadan, kita akan lihat bagaimana perbandingannya.



Jika dibandingkan antara software yang dipakai dalam animasi Doraemon dengan blender tentu software yang digunakan Doraemon jauh lebih unggul. Karena software tersebut dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan animasi Doraemon yang maksimal. dimana proses modeling, pencahayaan, animasi benar-benar  detail  dan kompleks sampai objek tersebut terasa asli. 

Pada blender masih terdapat kekurangan yaitu :
  • Tool yang disediakan tidak lengkap.
  • Semua dilakukan secara manual.
  • User Interfacenya cukup berantakan (GUI tidak ramah).
  • Tidak ada plugin-plugin.
  • Tidak ada biped.

Namun aplikasi blender ini baik digunakan untuk pemula yang ingin mempelajari animasi 3D, karena tidak membutuhkan ruang kapasitas yang banyak dan lebih ringan untuk proses rendering.

Sekian ulasan dari saya. Maaf kalau kata-katanya gado-gado :D
Wassalamu’alaikum Minnasan^^


Sumber :
Diakses pada hari Senin, 14 November 2016
Pukul 02:38 WIB



0 komentar:

Posting Komentar

Pink Bobblehead Bunny
 

My ( Mind + Act + Story ) Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting