Minggu, 07 Juni 2015

Program Lampu Lalu Lintas dengan Visual Basic 6.0

Diposting oleh Unknown di 13.33




Assalamu'alaikum minnasan^^

        Melanjutkan dari pembelajaran mengenai Timer, kali ini kita akan mencoba membuat program lalu lintas sederhana. 

Langkah pertama adalah membuat tampilan di daerah form.
 


Sesuai dengan gambar diatas,  terdapat beberapa tools yang digunakan, diantaranya:
1.    Shape,  untuk membuat dua persegi panjang dan tiga lingkaran. Shape tersebut dibuat untuk mendesain lampu lalu lintas.
2.    Timer, yang digunakan untuk mengatur timing pada program dengan memasukkan jumlah interval atau mengatur komponen lainnya dari properties timer.
3.    Label,  yang digunakan untuk menunjukkan waktu berjalan agar dapat diketahui berapa lama lagi lampu akan berubah nama. Diawali dengan nilai 10 (didapatdari merubah captionpada properties tool menjadi 10) sebagai nilai awal 10 sebelum lampu menyala.
4.    CommandButton, untuk membuat tombol START dan STOP yang digunakan untuk mengatur waktu agar dapat berhenti atau memulai.
 

Masukan kodingan berikut sesuai tempatnya.


Penjelasan mengenai kode program :
Pada bagian Command1_Click() merupakan CommandButton Start untuk memulai perhitungan yang akan menampilkan lampu secara bergantian. Terdapat perintah Timer1.Enabled = True yang berarti timer itu akan berjalan. Label1.Caption = 10 berarti program akan dimulai dari 10 ke nol dalam penghitungan. Label1.ForeColor = vbRed dimana setelah label berangka nol akan dimulai lagi 10 hitungan dengan tampilan angka berwarna merah semala lampu merah menyala. Lampu merah ini ditunjukkan dengan perintah merah.BackColor = vbRed.

Pada bagian Command2_Click() merupakan CommandButton Stop untuk menghentikan semua perhitungan dan mengembalikan tampilan seperti semula. Serta menampilkan warna pada lampu pertama. Dimana label1.Caption = 0 akan mengembalikan nilai mejadi nol dan label1.ForeColor = vbBlack akan mengembalikan warna angka pada label menjadi warna hitam. merah.BackColor = vbWhite, kuning.BackColor = vbWhite  dan hijau.BackColor = vbWhite akan mengembalikan warna ketiga lampu menjadi putih. Timer1.Enabled = False,  Timer2.Enabled = False dan Timer3.Enabled = False akan membuat proses perhitungan terhenti.

Pada bagian Timer1_Timer() menunjukkan perhitungan dan menampilkan warna merah pada lampu ke dua. Label1.Caption = Label1.Caption – 1 berarti perhitungan akan berkurang satu nilainya sampai nol, dimana selama perhitungan itu lampu akan berwarna merah ditunjukan oleh perintah merah.BackColor = vbRed, sedangkan kuning.BackColor = vbWhite, hijau.BackColor = vbWhite akan menpilkan warna putih karena hanya satu lampu yang harus menyala. If Label1.Caption = “0” Then Label1.Caption = 3 Label1.ForeColor = vbYellow jika pada label telah menunjukkan nlai nol kembali maka label akan melakukan perhitungan ke dua untuk menghitung selama 3 detik, dan selama tiga detik tersebut warna dari angka akan berubah menjadi kuning. merah.BackColor = vbWhite mengembalikan warna dasar lampu pertama menjadi putih. kuning.BackColor = vbYellow, sedangkan lampu ke dua berubah warna menjadi kuning dan hijau.BackColor = vbWhite lampu ketiga tetap berwarna putih. Timer1.Enabled = False berarti timer satu tidak berfungsi lagi namun timer dua yang akan berfungsi dari perintah Timer2.Enabled = True.

Pada Timer2_Timer() menunjukkan perhitungan dan menampilkan warna merah pada lampu ketiga. Label1.Caption = Label1.Caption – 1 berarti perhitungan akan berkurang satu nilainya sampai nol, If Label1.Caption = “0” Then Label1.Caption = 15 Label1.ForeColor = vbGreen jika pada label telah menunjukkan nlai nol kembali maka label akan melakukan perhitungan ke dua untuk menghitung selama 15 detik, dan selama lima belas detik tersebut warna dari angka akan berubah menjadi hijau. Timer2.Enabled = False berarti timer dua tidak berfungsi lagi namun timer tiga yang akan berfungsi dari perintah Timer3.Enabled = True. merah.BackColor = vbWhite  dan Kuning.BackColor = vbWhite mengembalikan warna dasar lampu pertama dan kedua menjadi putih., sedangkan lampu ke tiga berubah warna menjadi hijau ditujukan hijau.BackColor = vbGreen.

Pada Timer3_Timer() menunjukkan perhitungan dan menampilkan kembali warna merah pada lampu pertama. Label1.Caption = Label1.Caption – 1 berarti perhitungan akan berkurang satu nilainya sampai nol, If Label1.Caption = “0” Then Label1.Caption = 10 Label1.ForeColor = vbRed. Jika pada label telah menunjukkan nlai nol kembali maka label akan melakukan perhitungan lagi untuk menghitung selama 10 detik, dan selama sepuluh detik tersebut warna dari angka akan berubah kembali menjadi merah. kuning.BackColor = vbWhite  dan hijau.BackColor = vbWhite mengembalikan warna dasar lampu kedua dan ketiga menjadi putih. Timer3.Enabled = False berarti timer tiga tidak berfungsi lagi namun timer pertama yang akan berfungsi dari perintah Timer1.Enabled = True.


1 komentar:

T h e ./A r k e r on 5 November 2020 pukul 07.47 mengatakan...

Keren banget blog nya jadi nyaman dech mampir disini hehe, kursor nya bisa berubah pula ntapzzz

Posting Komentar

Pink Bobblehead Bunny
 

My ( Mind + Act + Story ) Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting