Senin, 29 Juni 2015

Program Rangkuman Nilai pada Delphi

Diposting oleh Unknown di 07.06





          Delphi adalah sebuah bahasa pemograman yang menggunakan visualisasi sama seperti Visual Basic (VB) namun menggunakan sintax yang hamper semaa dengan Pascal (sering disebut sebagai objek Pascal). Delphi dikembangkan oleh Codegear sebagai divisi pengembangan perangkat lunak milik Embarcadero dimana awalnya adalah milik Borland, sehingga bahasa ini memiliki versi Borland Delphi.

            Perulangan dan percabangan pada Delphi dibagi menjadi beberapa perintah. Pada perulangan terdapat For To DO, For Down To Do, Repeat Until dan While Do. Sedangkan pada percabangan terdapat If Then, If Then Else dan Case. Program dibawah ini akan menjelaskan penggunaan perulangan dan percabangan pada Delphi.

DESAIN PROGRAM
Tampilan untuk Program Rangkuman Nilai
 


LISTING PROGRAM

Berikut Kode Program pada Form Rangkuman Nilai :


procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var a, b, c :double;
begin
a := strtoInt (Edit3.text);
b := strtoInt (Edit4.text);
c := (a*0.7) + (b*0.3);
begin
if(c>=90) and  (c<=100) then
begin
ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Grade A');
end
Else if(c>=80) and  (c<=89) then
begin
ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Grade B');
end
Else if(c>=70) and  (c<=79) then
begin
ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Grade C');
end
Else if(c>=60) and  (c<=69) then
begin
ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Grade D');
end
Else
begin
ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Tidak Lulus');
end
end;
end;
end.


LOGIKA PEMOGRAMAN
1.    MEMBUAT TAMPILAN FORM RANGKUMAN NILAI

 


Dalam desain tersebut, terdapat :


1.    Label1                        = Sebagai pemberi nama inputan RANGKUMAN NILAI.

          Label2                        = Sebagai pemberi nama inputan NAMA.

          Label3                        = Sebagai pemberi nama inputan KELAS.

          Label4                        = Sebagai pemberi nama inputan NILAI UTS.

          Label5                        = Sebagai pemberi nama inputan NILAI UAS

2.    Edit1                           = Sebagai tempat penginputan nilai nama.

Edit2                           = Sebagai tempat penginputan nilai kelas.

Edit3                           = Sebagai tempat penginputan nilai UTS.

Edit4                           = Sebagai tempat penginputan nilai UAS.

3.    Button1               = Dengan Caption PROSES, sebagai akses untuk                                             memproses nilai yang diinput.


Selanjutnya double klik pada button PROSES masukkan kode program :
var a, b, c :double;
begin
a := strtoInt (Edit3.text);
b := strtoInt (Edit4.text);
c := (a*0.7) + (b*0.3);
begin
if(c>=90) and  (c<=100) then
begin
ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Grade A');
end
Else if(c>=80) and  (c<=89) then
begin
ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Grade B');
end
Else if(c>=70) and  (c<=79) then
begin
ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Grade C');
end
Else if(c>=60) and  (c<=69) then
begin
ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Grade D');
end
Else
begin
ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Tidak Lulus');
end
end;
end;
end.

PENJELASAN KODE PROGRAM

1.    var a, b, c :double;
Kode program tersebut adalah proses pendeklarasian tipe data dimana variabel a b, dan c bertipe data double.

2.    a := strtoInt (Edit3.text);
Kode program tersebut berfungsi inputan di edit3.text akan selalu bertipe string.

3.    b := strtoInt (Edit4.text);
Kode program tersebut berfungsi inputan di edit4.text akan selalu bertipe string.

4.    c := (a*0.7) + (b*0.3);
Kode program tersebut berfungsi mengalikan nilai variabel a dan b dengan 0.7 dan 0.3 ke dalam variabel c.

5.    if(c>=90) and  (c<=100) then
begin
ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Grade A');
end
Kode program tersebut berfungsi melakukan percabangan dengan kondisi (c>=90) and  (c<=100). Bila nilai yang diinput sesuai dengan kondisi maka program akan memproses statement ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Grade A');

6.    Else if(c>=80) and  (c<=89) then
Begin
ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Grade B');
end
Kode program tersebut diproses ketika perintah no 5  dilewati. Berfungsi melakukan percabangan dengan kondisi (c>=80) and  (c<=89). Bila nilai yang diinput sesuai dengan kondisi maka program akan memproses statement ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Grade B');

7.    Else if(c>=70) and  (c<=79) then
begin
ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Grade C');
end
Kode program tersebut diproses ketika perintah no 5 dan 6 dilewati. Berfungsi melakukan percabangan dengan kondisi (c>=70) and  (c<=79) . Bila nilai yang diinput sesuai dengan kondisi maka program akan memproses statement ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Grade C');

8.    Else if(c>=60) and  (c<=69) then
begin
ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Grade D');
End
Kode program tersebut diproses ketika perintah no 5 6 dan 7 dilewati. Berfungsi melakukan percabangan dengan kondisi (c>=70) and  (c<=79(c>=60) and  (c<=69) . Bila nilai yang diinput sesuai dengan kondisi maka program akan memproses statement ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Grade D');

9.    Else
begin
ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Tidak Lulus');
End
Kode program tersebut diproses ketika perintah no 5 6 7 dan 8 dilewati. Apabila nilai yang dimasukkan tidak sesuai dengan keempat kondisi maka program akan memproses statement ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Tidak Lulus');




OUTPUT

Tampilan program saat memberikanhasil Grade A.

 
Tampilan program saat memberikan hasil Grade B.

 
Tampilan program saat memberikan hasil Grade C.

 
Tampilan program saat memberikan hasil Grade D.


 
Tampilan program saat memberikan hasil Tidak Lulus.





0 komentar:

Posting Komentar

Pink Bobblehead Bunny
 

My ( Mind + Act + Story ) Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting