Senin, 29 Juni 2015

Program Timer dengan Delphi

Diposting oleh Unknown di 08.20


Timer pada Delphi biasanya digunakan untuk sesuatu prosedur atau fungsi yang dilaksanakan dalam jeda waktu tertentu atau biasa disebut interval, intinya timer digunakan untuk mengatur waktu sebagaimananya timer berfungsi untuk mengatur waktu.


DESAIN PROGRAM

 


LISTING PROGRAM

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
timer1.Enabled := true;
timer2.Enabled := false;
end;

procedure TForm1.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin
Shape1.Left := Shape1.Left +1;
if (Shape1.Left >= 200) then
begin
timer1.Enabled := false;
timer2.Enabled := true;
shape1.Shape := stCircle;
shape1.Left := shape1.Left +1;
end;
end;

procedure TForm1.Timer2Timer(Sender: TObject);
begin
shape1.Left := shape1.Left -1;
if (Shape1.Left = 0) then
begin
timer1.Enabled := true;
timer2.Enabled := false;
shape1.Shape := stRectangle;
shape1.Left := shape1.Left -1;
end;
end;

procedure TForm1.Timer3Timer(Sender: TObject);
begin
shape1.Top := shape1.Top +1;
if (Shape1.Top >=256) then
begin
timer3.enabled := false;
timer4.enabled := true;
shape1.Shape := stCircle;
shape1.Top := shape1.Top +1;
end;
end;

procedure TForm1.Timer4Timer(Sender: TObject);
begin
Shape1.Top := Shape1.Top-1;
if (shape1.Top = 0) then
begin
timer3.Enabled :=true;
timer4.Enabled :=false;
shape1.Shape := stRectangle;
Shape1.Top := Shape1.Top-1;
end;
end;

procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
timer1.Enabled := false;
timer3.Enabled := false;
end;
end.



LOGIKA PEMOGRAMAN
1.    MEMBUAT TAMPILAN

 

Dalam desain tersebut, terdapat :

1.    Panel1                       = Sebagai tempat menampilkan foto shapes yang berjalan.

2.    Shape1                      = Sebagai tempat menapilkan macam-macam bentuk.

3.    Timer1                        = Sebagai tempat pengaturan waktu.
     Timer2                        = Sebagai tempat pengaturan waktu.
     Timer3                        = Sebagai tempat pengaturan waktu.
     Timer4                        = Sebagai tempat pengaturan waktu.

4.    Button1                      = Dengan Caption PLAY, sebagai akses menjalankan program.
     Button2                      = Dengan  Caption STOP, sebagai  akses menghentikan  program.


Selanjutnya double klik pada command PLAY lalu masukkan kode program :
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
timer1.Enabled := true;
timer2.Enabled := false;
end;

Klik close untuk mengembalikan tampilan pada form. Setelah itu double klik lagi pada command Timer1 lalu masukkan kode program :
procedure TForm1.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin
Shape1.Left := Shape1.Left +1;
if (Shape1.Left >= 200) then
begin
timer1.Enabled := false;
timer2.Enabled := true;
shape1.Shape := stCircle;
shape1.Left := shape1.Left +1;
end;
end;

Klik close untuk mengembalikan tampilan pada form. Setelah itu double klik lagi pada command Timer2 lalu masukkan kode program :
procedure TForm1.Timer2Timer(Sender: TObject);
begin
shape1.Left := shape1.Left -1;
if (Shape1.Left = 0) then
begin
timer1.Enabled := true;
timer2.Enabled := false;
shape1.Shape := stRectangle;
shape1.Left := shape1.Left -1;
end;
end;


Klik close untuk mengembalikan tampilan pada form. Setelah itu double klik lagi pada command Timer3 lalu masukkan kode program :
procedure TForm1.Timer3Timer(Sender: TObject);
begin
shape1.Top := shape1.Top +1;
if (Shape1.Top >=256) then
begin
timer3.enabled := false;
timer4.enabled := true;
shape1.Shape := stCircle;
shape1.Top := shape1.Top +1;
end;
end;

Klik close untuk mengembalikan tampilan pada form. Setelah itu double klik lagi pada command Timer4 lalu masukkan kode program :
procedure TForm1.Timer4Timer(Sender: TObject);
begin
Shape1.Top := Shape1.Top-1;
if (shape1.Top = 0) then
begin
timer3.Enabled :=true;
timer4.Enabled :=false;
shape1.Shape := stRectangle;
Shape1.Top := Shape1.Top-1;
end;
end;


Klik close untuk mengembalikan tampilan pada form. Setelah itu double klik lagi pada command STOP lalu masukkan kode program :
procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
timer1.Enabled := false;
timer3.Enabled := false;
end;
end.



PENJELASAN KODE PROGRAM

1.    timer1.Enabled := true; timer2.Enabled := false;
Kode program tersebut berfungsi agar timer1 dijalankan sedangkan timer2 tidak dijalankan.

2.     Shape1.Left := Shape1.Left +1;
Kode program tersebut melakukan perintah Shape 1satu untuk berjalan ke arah kiri terus menerus.

3.    if (Shape1.Left >= 200) then begin
timer1.Enabled := false;
timer2.Enabled := true;
shape1.Shape := stCircle;
shape1.Left := shape1.Left +1; end;
Kode program tersebut melakukan perintah jika Shape1 telah berjalan ke arah kiri sepanjang 200px maka timer1 akan ditidak aktifkan sedangkan timer2 akan diaktifkan dengan mengubah bentuk Shape1 danberjalan ke arah kiri.

4.    Shape1.Left := shape1.Left -1;
Kode program tersebut melakukan perintah Shape 1satu untuk berjalan ke arah kanan terus menerus.

5.    if (Shape1.Left = 0) then begin
timer1.Enabled := true;
timer2.Enabled := false;
shape1.Shape := stRectangle;
shape1.Left := shape1.Left -1; end;
Kode program tersebut melakukan perintah jika Shape1 telah berjalan ke titik 0px maka timer1 akan diaktifkan sedangkan timer2 akan dinonaktifkan dan mengubah Shape1 menjadi rectangle berjalan ke arah kanan (berlawanan dari kiri).

6.    Shape1.Top := shape1.Top +1;
Kode program tersebut melakukan perintah Shape1 untuk berjalan ke atas terus menerus.

7.    if (Shape1.Top >=256) then begin
timer3.enabled := false;
timer4.enabled := true;
shape1.Shape := stCircle;
shape1.Top := shape1.Top +1; end;
Kode program tersebut melakukan perintah jika Shape1 telah berjalan sampai titik 256px maka timer3 akan dinonaktifkan sedangkan timer4 diaktifkan dan Shape1 berjalan ke atas.

8.    Shape1.Top := Shape1.Top-1;
Kode program tersebut melakukan perintah Shape1 berjalan ke bawah terus menerus.

9.    if (shape1.Top = 0) then begin
timer3.Enabled :=true;
timer4.Enabled :=false;
shape1.Shape := stRectangle;
Shape1.Top := Shape1.Top-1; end;
Kode program tersebut melakukan perintah jika Shape1 telah berjalan ke titik 0px maka timer3 diaktifkan sedangkan timer4 dinonaktifkan dan Shape1 berjalan ke arah bawah (berlawanan dari arah atas).

10. timer1.Enabled := false; timer3.Enabled := false;
Kode program tersebut melakukan perintah untuk menonaktifkan fungsi timer1 dan timer3.


OUTPUT

 

Tampilan bola berubah menjadi kotak  saat berjalan ke bawah.

 

Tampilan bola berada di atas.

 

Tampilan bola berjalan ke arah kiri.

 

Tampilan bola berubah menjadi kotak dan berjalan ke arah kanan.




0 komentar:

Posting Komentar

Pink Bobblehead Bunny
 

My ( Mind + Act + Story ) Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting