Senin, 20 April 2015

Program Stopwatch dengan Visual Basic 6.0

Diposting oleh Unknown di 15.51

Assalmu'alaikum minnasan^^..
Melanjukan dari pembahasan sebelumnya, kali ini kita belajar mengenai Timer pada Visual Basic 6.0. Timer ini masih merupakan bagian dari Toolbox yang ikonnya bergambar jam. langsung saja pelajari program di bawah yaa...
 


Sesuai dengan gambar diatas, terdapat beberapa tools yang digunakan, diantaranya:
1.    Label,  untuk membuat empat buah label yaitu untuk label STOPWATCH, 0 (jam), 0 (menit), 0 (detik). Dimana label yang bercaption 0 ini akan menunjukan waktu berjalan dari stopwatch.
2.    CommandButton, untuk membuat tombol :
a.    Start, memulai perhitungan stopwatch.
b.    Resume, melanjutkan perhitungan stopwatch yang terhenti.
c.    Stop, menghentikan perhitungan stopwatch.
d.    Reset, mengulang perhitungan.




Penjelasan mengenai kode program :

*maaf minna bahasanya begini, maklumlah^^

Pada bagian Command1_Click() terdapat perintah detik.Caption = 0, menit.Caption = 0 dan jam.Caption = 0 yang berarti timer dimulai dengan nilai nol. Timer1.Enabled = True yang berarti timer itu akan berjalan. Command1_Click terdapat dalam CommandButton Start.

Pada Bagian Command2_Click() merupakan CommandButton Resume. Dimana Timer1.Enabled = True berarti apabila tombol tersebut diklik akan mengaktifkan perintah untuk melakukan perhitungan.

Pada Command3_Click() merupakan CommandButton Stop. Terdapat Timer1.Enabled = False berarti apabila tombol stop diklik akan menghentikan proses perhitungan.

Pada Command4_Click yang merupakan CommandButton Reset. Dimana perintah detik.Caption = 0, menit.Caption = 0 dan jam.Caption = 0 menunjukkan angka nol dan Timer1.Enabled = False berarti program akan menghentikan proses perhitungan dan mengembalikan semua nilai ke nol.

Pada Timer1_Timer() merupakan tool Timer terdapat perintah detik.Caption = detik.Caption+1 berarti detik akan melakukan perintah menambah satu. If detik.Caption = “60” Then menit.Caption = menit,Caption +1 detik.Caption = 0 End If dimana saat detik mencapai nilai 60 maka menit akan mulai melakukan proses perhitungan dengan penambahan satu, lalu detik akan kembali ke nilai nol. If menit.Caption = “60”Then jam.Caption = 0 berarti jika nilai menit telah mencapai 60 maka jam akan mulai melakukan perhitungan dimulai dengan nol.

Sekian postingan dari aku, semoga bermanfaat..
Wassalamu'alaikum wr.wb.

1 komentar:

Unknown on 27 Februari 2020 pukul 19.43 mengatakan...

yang command 1
itu yang ini detik.caption = 0
kok pas aku jalanin katanya yang itu salah

Posting Komentar

Pink Bobblehead Bunny
 

My ( Mind + Act + Story ) Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting