Rabu, 15 April 2015

Membuat Form Pengulangan pada VisualBasic 6.0

Diposting oleh Unknown di 16.33

Assalamu 'alaikum minnasan^^

Chapter #2
Sekarang kita lanjut ke pembuatan form pengulangan untuk menampilkan barisan angka positif maupun megatif. Yuk perhatikan caranya^^

 Seperti biasa, pertama-tama kita bermain dahulu di wilayah form untuk membuat tampilan
1.    Langkah untuk membuat tampilan dapat menggunakan beberapa tools yang terletak pada ToolBox di samping kiri work place.

a.    Gunakan Label untuk membuat tulisan PERULANGAN, AWAL dan AKHIR.

b.    Gunakan TextBox untuk membuat tempat masukan nilai awal dan nilai akhir.

c.    Gunakan CommandButton untuk membuat tombol PROSES dan RESET.

d.    Gunakan ListBox untuk membuat kotak keluaran dari nilai-nilai yang diproses.


2.    Klik tombol PROCESS untuk masuk ke form Kode Program.
 
a.    Kode Program di atas menjelaskan perintah untuk menampilkan angka genap event click pada object PROCESS untuk menampilkan hasil dan object RESET untuk menghapus nilai yang diinput pada kotak masukan/object Textbox.

1)    Kode program dalam object PROCESS menunjukkan perintah untuk menghasilkan nilai genap dengan memasukan nilai awal sebagai variable a dan nilai akhir sebagai variable b. Kedua variabel dimasukkan dalam fungsi For untuk membuat pengulangan. Lalu If untuk membuat keputussan apakah nilai tersebut bernilai genap atau bukan dan nilai genap dibuat dengan perintah Mod 2 = 0. Nilai tersebut akan ditampilkan dalam Object ListBox dari perintah List1.Additem i.

 Adapun proses pengulangan mengapa dapat menghasilkan nilai genap dapat dilihat dalam table  berikut:


1)    Perintah RESET (yang berada dalam Sub Command2_Click()) akan membuat kotak masukan kembali kosong dengan karena perintah clear di setiap kotak masukan.


1.    Output
 

1.    Untuk membuat perintah nilai ganjil, dapat dilakukan dengan beberapa cara:
1)    i mod 2 = 1
2)    i mod 2 <> = 0
 

a.    Kode Program di atas menjelaskan perintah untuk menampilkan angka genap event click pada object PROCESS untuk menampilkan hasil dan object RESET untuk menghapus nilai yang diinput pada kotak masukan/object Textbox.

1)    Kode program dalam object PROCESS menunjukkan perintah untuk menghasilkan nilai ganjil dengan memasukan nilai awal sebagai variable a dan nilai akhir sebagai variable b. Kedua variabel dimasukkan dalam fungsi For untuk membuat pengulangan. Lalu If untuk membuat keputusan apakah nilai tersebut bernilai ganjil atau bukan dan nilai ganjil dibuat dengan perintah Mod 2 = 1. Nilai tersebut akan ditampilkan dalam Object ListBox dari perintah List1.Additem i.https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=1539446115645773738#editor/target=post;postID=2247248455181970074

Adapun proses pengulangan mengapa dapat menghasilkan nilai genap dapat dilihat dalam table  berikut
2)    Perintah RESET (yang berada dalam Sub Command2_Click()) akan membuat kotak masukan kembali kosong dengan karena perintah clear di setiap kotak masukan.
 

Sekian postingan kali ini
Wassalamu'alaikum ^^

0 komentar:

Posting Komentar

Pink Bobblehead Bunny
 

My ( Mind + Act + Story ) Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting