Rabu, 15 April 2015

Membuat Form Login dengan Visual Basic 6.0

Diposting oleh Unknown di 16.16

Assalamu'alaikum minnasan^^

Hasil dari praktikum TI di kampus, aku dapat ilmu Visual Basic 6.0 . Langsung deh di upload  siapa tahu ada yang membutuhkan.

Untuk membuat Form Login ini ada syarat yang harus kamu penuhi, yaitu Laptop/Pc dan Aplikasi Visual basic 6.0. bagi yang belum instal aplikasinya silahkan cari dulu di gugel yaak^^ .
Pertama, kita buat dahulu tampilan Form Loginnya:
 

1.    Untuk membuat tampilan dapat menggunakan beberapa tools yang terletak padaToolBox di samping kiri work place.
a. Gunakan Label untuk membuat tulisan LOG IN, USERNAME dan PASSWORD.
b. Gunakan TextBox untuk membuat tempat memasukkan username dan password.
c. Gunakan CommandButton untuk membuat tombol LOG IN dan RESET.

            Penggunaan tools di atas dilakukan dengan langkah mengklik icon tools lalu klik dan tahan sampai menampilkan ukuran perintah yang pas. Pengeditan tools berada pada jendela Properties. Untuk mengubah caption nama dilakukan dengan mengklik Caption di jendela Properties lalu ubah nama yang dibutuhkan.

 


2.    Klik tombol LOG IN untuk masuk ke form Kode Program.
 

a.    Kode Program diatas menjelaskan perintah untuk memasukkan nama username pada object TextBox dengan event click pada object LOG IN untuk pengecekan data dan object RESET untuk mengulang penginputan data.
1)  Event click object Login akan berhasil dengan menampilkan pemberitahuan “Login Anda Berhasil” apabila user memasukkan data username dan password sesuai data kode program  yaitu username Nurdita dan password d1t4. Jika user salah memasukkan data disalah satu kotak penginputan atau keduanya maka saat mengklik Login akan muncul pemberitahuan “Username atau password salah!”. Hal ini karena pada codingan menggunakan operasi logika And. Jadi kedua data yang dimasukkan harus sama jika tidak program akan mengabaikan perintah pertama dari If dan akan memproses Else.

2)  Object RESET  akan membuat kotak masukan/objek TextBox kembali kosong karena perintah clear di setiap kotak masukan.

b.  Kata yang berwarna biru merupakan fungsi. Kata tersebut akan otomatis berwarna biru setelah menekan enter atau space apabila perintah fungsi yang dimasukan benar, yaitu dengan mengetik capital pada huruf pertama. Penggunaan fungsi yang memiliki penutup harus diketik dalam jajaran yang sama.

c.  Untuk menjalankan program pilih menu Run – Start atau dengan F5.

3.    Output
 


4.    Password dapat dibuat tersembunyi dengan menampilkan karakter bintang. Klik TextBox password masuk ke menu properties – Categorized.



Sekian postingan kali ini
Wassalamu'alaikum ^^

0 komentar:

Posting Komentar

Pink Bobblehead Bunny
 

My ( Mind + Act + Story ) Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting