Senin, 13 November 2017

Profil PT. Pegadaian

Diposting oleh Unknown di 20.03


PT Pegadaian adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang keuangan dengan memberikan pelayanan jasa pembiayaan, emas dan aneka jasa. Perusahaan ini memiliki slogan
Mengatasi masalah tanpa masalah

PT Pegadaian lahir pada tahun 1 April 1901 di Sukabumi, Hindia Belanda. Kini berpusat di Jakarta , Indonesia dengan daerah pelayanan seluruh Indonesia. PT Pegadaian dimiliki oleh Pemerintahan Indonesia sebagai BUMN/Perseroan Terbatas yang memberikan jasa gadai untuk kepentingan masyarakat Indonesia.

SEJARAH PEGADAIAN

Sejarah Pegadaian dimulai sejak Era Kolonial, dimana Perintahan Belanda mendirikan Bank Van Lening,  yaitu lembaga keuangan yang memberikan kredit dengan sistem gadai, lembaga ini pertama kali didirikan di Batavia pada tanggal 20 Agustus 1746. Sempat diambil alih oleh Inggris ketika Inggris menguasai Indonesia (1811-1816). Kala itu Inggris membubarkan Bank Van Lening dan memberikan keleluasaan untuk mendirikan usaha gadai asal mendapat lisensi dari Pemerintah Daerah. Namun kebijakan ini memyebabkan penyelewengan seperti praktik rentenir dan lintah darat yang dirasa tidak menguntungkan pemerintah Inggris.


Kemudian saat Belanda kembali menguasai Indonesia, kebijakan “cultuur stelsel” diterapkan. Kebijakan tersebut yaitu bahwa kegiatan pagadaian ditangani sendiri oleh pemerintah agar dapat memberikan perlindungan dan manfaat yang lebih besar dari masyarakat. Akhirnya Belanda mengeluarkan Staatsblad No. 131 tanggal 12 Maret 1901 yang mengatur bahwa usaha Pegadaian merupakan monopoli Pemerintah dan tanggal 1 April 1901 didirikan Pegadaian Negara pertama di Sukabumi, Jawa Barat. Selanjutnya setiap tanggal 1 April diperingati sebagai hari ulang tahun Pegadaian.

Di Era Kemerdekaan, Perusahaan Negara (PN) sejak 1 Januari 1961, kemudian berdasarkan Peraturan Pemerintah No.7/1969 menjadi Perusahaan Jawatan (Perjan), dan selanjutnya berdasarkan Peraturan Pemerintah No.10/1990 (yang diperbaharui dengan Peraturan Pemerintah No.103/2000) berubah lagi menjadi Perusahaan Umum (Perum). Kemudian pada tahun 2011, perubahan status kembali terjadi yakni dari Perum menjadi Perseroan yang telah ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) No.51/2011 yang ditandatangani pada 13 Desember 2011. Namun, perubahan tersebut efektif setelah anggaran dasar diserahkan ke pejabat berwenang yaitu pada 1 April 2012.



LOGO PEGADAIAN

Berikut adalah logo Pegadaian yang telah diperbaharui per 1 April 2013.


Logo Pegadaian sebelum 1 April 2013


Logo Pegadaian mulai 1 April 2013 Jl Buah Batu No.1 Samping YOGYA Buah Batu Bandung www.pegadaian.co.id Event Bandung Music 2016



VISI DAN MISI



VISI
Sebagai solusi bisnis terpadu terutama berbasis gadai yang selalu menjadi market leader dan mikro berbasis fidusia selalu menjadi yang terbaik untuk masyarakat menengah kebawah.

MISI
  • Memberikan pembiayaan yang tercepat, termudah, aman dan selalu memberikan pembinaan terhadap usaha golongan menengah kebawah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.
  • Memastikan pemerataan pelayanan dan infrastruktur yang memberikan kemudahan dan kenyamanan di seluruh Pegadaian dalam mempersiapkan diri menjadi pemain regional dan tetap menjadi pilihan utama masyarakat.
  • Membantu Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat golongan menengah kebawah dan melaksanakan usaha lain dalam rangka optimalisasi sumber daya perusahaan.


INFO PERUSAHAAN LAINNYA

PT. Pegadaian memiliki website resmi http://www.pegadaian.co.id/ yang memberikan data lengkap mengenai profil perusahaan dan aneka jasa yang menjadi andalannya. Berikut adalah info perusahaan yang berada pada website tesebut.


LAYANAN PEGADAIAN

Pegadaian memiliki 3 lini bisnis perusahaan yaitu :

Pembiayaan

1. KCA (Kredit Cepat Aman)
kredit dengan sistem hukum gadai yang di berikan kepada semua golongan nasabah. baik
untuk kebutuhan konsumtif maupun kebutuhan produktif, dengan jangka waktu kredit 4
bulan dan sistem bunga per 15 hari.

2. Kreasi (Kredit Angsuran Fidusia)
kredit dengan angsuran bulanan yang diberikan kepada usaha mikro kecil dan menegah
(UMKM) untuk pengembangan usaha dengan sistem fidusia dengan sewa modal 1%
perbulan secara flat

3. Krasida (Kredit Angsuran Sistem Gadai)
kredit (pinjaman) angsuran bulanan yang diberikan kepada usaha mikro kecil dan
menengah (UMKM) untuk pengembangan usaha dengan sistem gadai dengan jaminan
emas.

4. Amanah
pembiayaan berprinsip syariah kepada pegawai negeri sipil dan karyawan swasta untuk memiliki motor atau mobil dengan cara angsuran.

5. Arrum

memudahkan para pengusaha kecil untuk mendapatkan modal usaha dengan jaminan BPKB dan emas. Kendaraan tetap para pemiliknya sehingga dapat digunakan untuk mendukung usaha sehari-hari. Maksimalkan daya guna kendaraan anda.

6. Kredit Multi Guna
angsuran bulanan dengan sistem FIDUSIA yang diperuntukkan bagi pegawai atau karyawan suatu instansi yang telah memiliki penghasilan tetap. KAGUM dapat diperoleh di perusahaan atau instansi yang telah menjalin kerjasama dengan Pegadaian KAGUM dapat digunakan untuk pendanaan usaha maupun non-usaha, seperti: membiayai berbagai kegunaan seperti membangun dan merenovasi rumah, biaya sekolah, biaya pengobatan, pernikahan dan lainnya. KAGUM merupakan solusi pembiayaan yang cepat dan tepat bagi karyawan

Emas

1. MULIA (Murabahah Mulia untuk investasi Abadi)
Merupakan pembelian logam mulia untuk investasi secara tunai / kredit. Berat per keping
mulai 5 gr,10 gr, 25 gr, 50 gr sd 1000 gr

2. Tabungan Emas
Pembelian Logam mulia dengan sistem tabungan kelipatan 0.01 gr

3. Konsinyasi Emas
layanan titip-jual emas batangan di Pegadaian sehingga menjadikan investasi emas milik nasabah lebih aman karena disimpan di Pegadaian. Keuntungan dari hasil penjualan emas batangan diberikan kepada Nasabah, oleh sebab itu juga emas yang dimiliki lebih produktif.


Aneka jasa

1. Kucica (Pengiriman uang)
layanan pengiriman dan penerimaan uang dari dalam dan luar negeri dengan biaya kompetitif, bekerjasama dengan beberapa remiten berskala nasional dan internasional seperti Western Union, Telkom Delima, BNI Smart Remittance, dan Mandiri Remittance. Pegadaian Remittance merupakan solusi terpercaya untuk kirim dan terima uang kapanpun dan dimanapun secara instan, cepat, dan aman.

2. Multi Pembayaran Online
pembayaran berbagai tagihan seperti listrik, telepon/ pulsa ponsel, air minum, pembelian tiket kereta api, dan lain sebagainya secara online. Layanan MPO merupakan solusi pembayaran cepat yang memberikan kemudahan kepada nasabah dalam bertransaksi tanpa harus memiliki rekening di Bank.

3. Pegadaian Mobile
pembayaran berbagai tagihan seperti listrik, telepon/ pulsa ponsel, air minum, pembelian tiket kereta api, dan lain sebagainya secara online. Layanan MPO merupakan solusi pembayaran cepat yang memberikan kemudahan kepada nasabah dalam bertransaksi tanpa harus memiliki rekening di Bank.

4. Persewaan Gedung
Auditorium yang dikelola oleh Pegadaian untuk disewakan kepada masyarakat luas guna keperluan berbagai kegiatan acara dan seremoni. Auditorium dengan arsitektur Belanda yang dipadukan dengan interior elegan nan artistik serta dilengkapi sarana dan prasarana yang memadai, dapat menjadi tempat ideal guna mensukseskan setiap momen berharga anda.

5. Jasa Sertifikasi
layanan profesional untuk melakukan identifikasi keaslian serta kualitas batu permata dengan dukungan Gemologist bersertifikat internasional serta peralatan gemologi berstandar internasional dari Gemological Insitute of America. 

6. Jasa Taksiran
Layanan kepada masyarakat yang ingin mengetahui karatase dan kualitas harta perhiasan emas, berlian dan batu permata, baik untuk keperluan investasi ataupun keperluan bisnis dengan biaya yang relatif terjangkau. Layanan jasa taksiran ini memudahkan masyarakat mengetahui tentang karatase dan kualitas suatu barang berharga miliknya, sehingga tidak mengalami kebimbangan atas nilai pasti perhiasan yang dimiliknya.

7. Jasa Titipan
Layanan kepada masyarakat yang ingin menitipkan barang berharga seperti perhiasan emas, berlian, surat berharga maupun kendaraan bermotor. Layanan ini dikalangan perbankan dikenal dengan Safe Deposit Box (SDB). Jika mendapatkan kesulitan dalam mengamankan barang berharga di rumah sendiri saat akan keluar kota atau luar negeri, melaksanakan ibadah haji, sekolah di luar negeri, dan kepentingan lainnya. Percayakan barang berharga milik Anda untuk dititipkan di Pegadaian karena keamanan menjadi prioritas kami.

PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA PT. PEGADAIAN


      PT. Pegadaian memiliki sekitar 4.661 outlet diseluruh Indonesia (data tahun 2015) mengharuskan Pegadaian memiliki sistem terintegrasi demi kelancaran usahanya. Sistem bernama PASSION digunakan Pegadaian untuk menunjang aktivitas sehari-hari dalam memberikan pelayanan. Sistem ini hanya digunakan oleh para karyawan dan yang terdaftar resmi sebagai keluarga besar Pegadaian. Dalam transaksi sehari-hari nasabah melum memiliki akses online. Mereka harus mendatangi outlet terdekat untuk menikmati fasilitas pegadaian. Namun setelah Pegadaian Mobile diluncurkan, ada sedikit interaksi online yang dapat digunakan nasabah dan karyawan dalam bertansaksi.


Referensi :
http://www.pegadaian.co.id
https://id.wikipedia.org/wiki/Pegadaian_(perusahaan)
etd.repository.ugm.ac.id/.../D3-2015-337641-introduction.pdf











0 komentar:

Posting Komentar

Pink Bobblehead Bunny
 

My ( Mind + Act + Story ) Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting