Awalnya
OA (Office Automation) dimaksudkan untuk membantu pekerja sekretarial dan
administratif, tetapi kemampuannya untuk memudahkan komunikasi formal dan
informal dengan orang-orang didalam dan diluar perusahaan menarik para manajer
dan profesional sebagai pemakai. OA dapat disesuaikan untuk kebutuhan
komunikasi tiap manajer. Kombinasi OA seorang manajer dipengaruhi oleh jenis
organisasi, pilihan pribadi manajer itu, dan sumber daya OA yang tersedia.
Asal
mula Otomatisasi Kantor dimulai pada awal tahun 1960-an ketika IBM menciptakan
istilah word processing. Istilah tersebut mengungkapkan konsep bahwa kegiatan
kantor berpusat pada pengolahan kata-kata.
Sistem Elektronik Formal dan Informal
Sistem
OA formal diterapkan di seluruh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan organisasi,
mirip dengan SIM (Sistem Informasi Manajemen) dan mungkin untuk di
dokumentasikan secara tertulis. Sistem OA Informal diterapkan saat diperlukan
oleh perorangan untuk memenuhi kebutuhannya sendiri, mirip dengan DSS dan tidak
diuraikan secara tertulis.
Komunikasi Informasi
OA
dimaksudkan untuk memudahkan segala jenis komunikasi, baik lisan maupun
tulisan.
Orang-Orang di Dalam dan di Luar
Perusahaan
Sistem
OA masa kini memudahkan komunikasi tidak hanya diantara orang-orang didalam
perusahaan, tetapi juga dengan orang lain di lingkungan perusahaan.
Pemakai Otomatisasi Kantor
1.Manajer
Manajer
adalah orang-orang yang bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan, terutama
sumber daya manusia (SDM)
2.Profesional
Profesional
adalah orang-orang yang tidak mengelola orang lain, tetapi menyumbangkan
keahlian khusus yang membedakan mereka dari sekretaris dan pegawai
administratif. Manajer dna Profesional secara bersama dikenal sebagai pekerja
terdidik (knowledge workers).
3.Sekretaris
Sekretaris
adalah orang yang biasanya ditugaskan pada pekerja terdidik tertentu untuk
melaksanakan berbagai tugas.
4.Pegawai Administratif
Pegawai
Administratif adalah orang yang melaksanakan tugas-tugas untuk sekretaris.
Tujuan Otomatisasi Kantor
Pada
tahun-tahun pertama perkembangan OA, OA dianggap sebagai cara meningkatkan produktivitas sekretaris dan pegawai administratif.
Produk OA memungkinkan para pekerja kantor memproses lebih banyak dokumen
secara lebih cepat dan lebih baik.
Selanjutnya,
para pekerja terdidik memanfaatkannya untuk memudahkan pekerjaan mereka dalam menyiapkan korespondensi keluar.
Misalnya, pekerja terdidik atau sekretaris dapat menggunakan pengolahan kata
untuk membuat surat, memo, dan laporan.
Kontribusi potensial OA pada laba
perusahaan jauh lebih besar untuk aplikasi pemecahan masalah daripada untuk
aplikasi sekretarial dan administratif.
Manfaat potensial dari OA adalah
tugasnya sebagai peralatan pemecahan masalah, baik kelompok maupun individu.
OA harus bertujuan melengkapi
komunikasi tradisional.
Aplikasi OA
setelah
mengalami perkembangan OA melahirkan beberapa aplikasi diantaranya:
1. Pengolahan kata (word processing) 2. Surat elektronik (electronic mail)
3. Voice mail
4. Kalender elektronik (electronic calendaring)
5. Konferensi audio
6. Konferensi video
7. Konferensi computer
8. Transmisi faksimil atau FAX
9. Videotex
10. Pencitraan (imaging)
11. Desktop publishing
Pengolahan Kata
Pengolahan kata (word processing) adalah penggunaan
alat elektronik yang secara otomatis melaksanakan banyak tugas-tugas yang
diperlukan untuk menyiapkan dokumen yang diketik atau dicetak. Cara
menggunakannya melalui keyboard suatu terminal atau computer mikro untuk mentik
materi, yang ditampilkan dilayar monitor. materi yang dibuat dapat diedit dan
dimanipulasi dengan mudah. Setelah dalam format yang tepat, materi tersebut
disimpan dalam penyimpanan sekunder kemudian dicetak. Pengolahan kata
berkontribusi pada pemecahan masalah dengan memungkinkan manajer menyiapkan
komunikasi tertulis yang lebih efektif.
Surat Elektronik
Surat elektronik (elektronik mail), yang dikenal
sebagai E-mail, adalah penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan para
pemakai mengirim, menyimpan dan menerima pesan-pessan dengan menggunakan
terminal computer dan alat penyimpanan. Secara teknis seseorang melakukan
pengetikan suatu pesan melalui keyboard terminalnya dan mengetik pesan tersebut
di dalam kotak surat elektronik milik pengguna lalu melakukan proses pengiriman
kepada penerima. Pesan yang telah dikirim dapat diambil kapan saja oleh
penerima dengan menggunakan terminalnya dan memberikan kata sandi yang tepat.
Perangkat lunak surat elektronik mengendalikan proses tersebut.
Surat elektronik dimaksudkan untuk
memecahkan berbagai masalah yang terdapat pada telepon konvensional. Menurut
penelitian oleh AT&T, dalam 75% hubungan telepon, penelepon tidak
mendapatkan informasi yang dinginkan. Seringkali kedua pihak meninggalkan memo
pesan telepon (telephone tag).
Terdapat beberapa kemampuan tambahan
E-mail, tergantung pada paket perangkat lunak yang digunakan. Jika ingin semua
orang dalam perusahaan yang memiliki terminal dapat membaca pesan, pesan itu
ditempatkan pada electronic bulletin board yang dapat diakses semua orang. Jika
ingin menerima konfirmasi kapan penerima mengambil pesan Anda, pesan itu dapat
dikirim sebaga surat tercatat (registered mail). Dan jika tidak ingin penerima
meneruskan pesan itu kepada orang lain dalam jaringan, maka pesan dikirim
sebagai surat pribadi (private mail).
Surat
Jasa Elektronik. Terdapat dua
pilihan dasar yang ditawarkan untuk perusahaan yang ingin menerapkan surat
elektronik. Pertama, perusahaan dapat memperoleh perangkat keras dan perangkat
lunak sendiri dan memasang system di dalam perusahaan itu sendiri. Kedua,
perusahaan dapat berlangganan jasa surat elektronik yang menyediakan fasilitas
computer dan komunikasi yang diperlukan dengan bayaran. Perusahaan yang
berlangganan hanya perlu menyediakan terminal unttk bergabung ke dalam
jaringan. Contoh jasa E-mail yang popular adalah Union’s Easy Link, US SPrint’s
SprintMail, dan British Telecom’s Dialcom.
Voice Mail
Voice mail serupa dengan surat email kecuali dimana
pengirim mengirimkan pesan dengan mengucapkannya ke dalam telepon da
menggunakan telepon tersebut untuk mengambil pesan-pesan yang telah diterima.
Voice mail memerlukan computer dengan kemampuan menyimpan pesan audio dalam
bentuk digital dan kemudian mengubahnya kembali menjadi bentuk audio saat
dipanggil. Tiap pemakai memakai voice
mailbox dalam penyimpanan sekunder dan peralatan khusus mengubah pesan audio
ked an dari bentuk digital.
Voice
Mail untuk Komunikasi kelompok, adalah
suatu kemampuan voice mail yang memiliki penerapan bagi pemecahan maslah
kelompok adalah daftar distribusi pesab (message distribution list), yang
mengidentifikasi semua orang yang perlu menerima pesan yang sama. Penelepon
menyiapkan daftar distribusi, dan sistem voice mail secara periodek memanggil
tiap orang pada daftar tersebut sampai pesan diterima.Kelebihan utama voice
mail dibandingkan surat elektronik adalah manajer tidak perlu mengetik, juga
memudahkan untuk menyertakan orang-orang di lingkungan perusahaan dalam
jaringan komunikasi.
Kalender Elektronik
Kalender elektronik (electronic calendering) adalah
penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan mengambil kalender pertemuan
manajer. Manajer atau sekretaris manajer dapat memasukkan penemuan-penemuan,
membuat perubahan, dan menelaah kalender itu dengan menggunakan terminal
keyboard. Konfigurasi peralatannya tepat sama dengan E-mail. Biasanya E-mail
menyertakan kemampuan kalender elektronik.
Anda dapat mengakses kalender
manajer lain selain kalender Anda. Jika ingin menjadwalkan suatu rapat,
perangkat lunak kalender ini dapat memeriksa kalender-kalender lain untuk
memilih waktu yang tepat bersama. Jika ingin menemui seseorang, dapat memeriksa
kalendernya terlebih dahulu untuk memastikan keberadaan pihak yang ingin ditemui tersebut ada. Fasiltas ini memberikan
juga pengaturan untuk mencegah orang lain mengakses seluruh atau sebagian
kalender Anda.
Kalender elektronik ini bersifat
unik diantara aplikaso OA yang lain karena tidak benar-benar mengkomunikasikan
informasi pemecahan masalah. Sebaliknya, kalender elektronik menyiapkan saat
untuk berkomunikasi. Kalender elektronik sangat bermanfaat bagi manajer tingkat
atas yang memiliki jadwal pertemuan yang rumit.
Konferensi Audio
Konferensi audio (audio conferencing) adalah
penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat suatu hubungan audio di
antara orang-orang yang tersebar secara geografis dengan tujuan melaksanakan
konferensi. Sebelumnya terdapat Telepon
konferensi (conference call), yang memungkinkan lebih dari dua orang
berpartisipasi dalam percakapan telepon, yang merupakan bentuk pertama
konferensi audio dan masih digunakan. Namun, terdapat pula system yang jauh
lebih rumit. Sejumlah perusahaan memakai sirkuit komunikasi audio pribadi
berkualitas tinggi di antara tempat-tempat konferensi yang dapat diaktifkan
dengan menyentuh saklar. Konferensi audio tidak membuatuhkan suatu
computer. Hanya menggunakan fasilitas
komunikasi dua arah.
Daya tarik konferensi audio menarik perhatian para
pemecah masalah karena alasan berikut:
1. Biaya peralatan yang diperlukan untuk konferensi
audio berada dalam jangkauan hamper semua perusahaan.
2. Orang-orang merasa santai berbicara di telepon.
3. Konferensi audio dapat disiapkan dalam beberapa menit.
Mungkin operator memebritahu para peserta atau para peserta diberikan nomor
telepon untuk dihubungi.
Ada beberapa aturan untuk membuat konferensi audio lebih efisien,
diantaranya :
1. Orang yang mengorganisasikan konferensi harus
bertindak sebagai moderator, memastikan
bahwa semua peserta memiliki kesempatan berbicara dan bahwa tujuan konferensi
tercapai.
2. Jumlah peserta jangan terlalu banyak. Jika peserta
lebih dari enam, sulit untuk menjaga diskusi tatap pada alurnya.
3. Salinan dari agenda konferensi harus disediakan
untuk para peserta sebelumnya.
4. Jika peserta berbicara ia harus mengidentifikasikan
dirinya.
5. Rekaman konferensi harus disimpan
6. Salinan kertas dari rekaman harus disiapkan dari
rekaman, dan dibagikan ke para peserta
Konferensi video
Konferensi
video adalah penggunaan peralatan televisi untuk menghubungkan para peserta
konferensi yang tersebar secara geografis. Peralatan tersebut menyediakan
hubungan audi dan video.
Terdapat
tiga konfigurasi dasar konferensi video, berdasarkan kemampuan signalnya :
1. Video satu arah dan audio satu arah
Sinyal video dan audio dikirimkan dari satu tempat
transmisi ke satu atau beberapa tempat penerimaan.
2. Video satu arah dan audio dua arah
Kemampuan audio dua arah memungkinkan orang di
tempat penerimaan berbicara dengan orang di tempat transmisi sementara semua
orang melihat pada gamar video yang sama.
3. Video dan audio dua arah
Komunikasi audio dan video antara semua tempat
berlangsung dua arah.
Keterbatasan
konferensi video adalah tidak dapat digunakan untuk segala jenis komunikasi.
Konferensi komputer
Konferensi
komputer adalah penggunaan jaringan komputer untuk memungkinkan para anggota
tim pemecahan masalah bertukar informasi mengenai masalah yang sedang
dipecahkan. Konferensi komputer berbeda dari konferensi audio dan video karena
dapat digunakan dalam satu tempat geografis. Seseorang dapat menggunakan
konferensi komputer untuk berkomunikasi dengan orang lain di ruang kerja
sebelah. Dan teleconferencing mencakup seluruh tiga bentuk konferensi
elektronik, yaitu audio, video dan komputer.
Transmisi Faksimil
FAX
singkatan dari fascimile transmision adalah penggunaan peralatan khusus yang
dapat membaca citra dokumen pada satu ujung saluran komunikasi dan membuat
salinannya di ujung yang lain.
Videotext
Videotext
adalah penggunaan komputer untuk menampilkan pada laya CRT materi narasi dan
grafik yang tersimpan. Pada saat perusahaan ingin menyediakan informasi kepada
para pemecah masalah dalam bentuk videotext, terdapat tiga sumber utama:
1. Perusahaan dapat menciptakan file videotext pada
komputernya sendiri
2. Perusahaan dapat berlangganan jasa videotext, yang
memungkinkan pemakai untuk mengakses file videotext yang disediakan oleh jasa
tersebut. File itu tersimpan dalam penyimpanan sekunder online milik jasa
tersebut atau didistribusikan dalam bentuk piringan optik
3. Perusahaan dapat memperoleh akses ke file videotext
dari perusahaan lain
Pencitraan
Pencitraan
adalah penggunaan pengenal karakter secara optik (optical character
recognition) untuk mengubah catatan-catatan kertas atau microfilm menjadi
format digital unutk disimpan di dalam alat penyimpanan sekunder. Setelah
disimpan, citra tersebut dapat diambil untuk ditampilkan atau dicetak.
Proses
pencitraan dilakukan oleh sistem manajemen dokumen (document management (DM)).
Sistem tersebut terdiri dari satu atau beberapa unit pengenal karakter optis
(optical character recognition) atau OCR untuk mengubah citra dokumen menjadi
bentuk digital. Perangkat lunak sistem manajemen database (DBMS) dalam server
jaringan digunakan untuk menyimpan data digital itu dalam piringan optik, dan
untuk menyediakan citra bagi para pemakai yang mengakses sistem dari
workstation mereka. Workstation tersebut dilengkapi dengan layar resolusi
tinggi.
Desktop Publishing
Dektop
Publishing (DTP) adalah penggunaan komputer untuk menyiapkan output tercetak
yang kualitasnya sangat mirip dengan yang dihasilkan oleh typesetter.
Sistem
DTP berbentuk suatu konfigurasi komputer mikro. Konfigurasi tersebut mencakup
layar CRT resolusi tinggi dan printer laser, dan dikendalikan oleh perangkat
lunak DTP. Layar resolusi tinggi memungkinkan operator menampilkan citra dalam
bentuk WYSIWYG ( what you see is what you get). Tampilan layar persis sama
dengan salinan kertas yang akan dihasilkan oleh printer laser. Perangkat lunak
DTP memungkinkan pemilihan jenis dan ukuran huruf, pemotongan kata dan
pengaturan rata kanan, penambahan garis-garis vertikal dan horizontal, dan tata
letak halaman (mencakup grafik).
Aplikasi
DTP terbagi dalam tiga area, yaitu:
1. Aplikasi administratif meliputi dokumen-dokumen yang
dimaksudkan intern seperti korespondensi, laporan dan warta
2. Aplikasi teknis meliputi materi pelatihan seperti
slides, overhead transparacies, dan manual
3. Grafik perusahaan (corporate graphic) meliputi
periklanan, brosur dan dokumen lain yang dimaksudkan untuk digunakan di luar
perusahaan
Peran Otomatisasi Kantor dalam
Pemecahan Masalah
Model Panduan OA Manajer (Manager’s
OA Mix Model)
Model
ini menggunakan lingkaran-lingkaran untuk mengidentifikasi berbagai sumber dan
penerima komunikasi manajer, segi empat untuk mengidentifikasi peran-peran manajerial, dan jajaran genjang
untuk mengidentifikasi tempat penerapan OA.
Peran-Peran Manajerial
1. Peran monitor di pusat bertindak sebagai polisi lalu
lintas, menerima informasi dan meneruskannya ke orang lain atau menyimpannya
untuk digunakan dalam pengambilan keputusan
2. Peran spokeperson mengirimkan informasi kepada
atasan, lingkungan, unit-unit operasi lain di dalam perusahaan, dan unit-unit
pendukung intern seperti jasa informasi dan akuntansi
3. Peran Liasion menerima informasi dari lingkungan,
unit-unit lain dan unit-unit pendukung
4. Peran leader menerima informasi dari atasan dan
bawahan
5. Peran Disseminator mengirimkan informasi kepada
bawahan
Memilih Panduan OA Manajer
Ada
tiga faktor utama yang mempengaruhi pilihan Panduan OA Manajer, yaitu :
1. Jenis organisasi
2. Pilihan pribadi
3.
Sumber daya OA
yang tersedia di perusahaan.
0 komentar:
Posting Komentar