Delphi adalah sebuah bahasa pemograman yang menggunakan
visualisasi sama seperti Visual Basic (VB) namun menggunakan sintax yang hamper
semaa dengan Pascal (sering disebut sebagai objek Pascal). Delphi dikembangkan
oleh Codegear sebagai divisi pengembangan perangkat lunak milik Embarcadero
dimana awalnya adalah milik Borland, sehingga bahasa ini memiliki versi Borland
Delphi.
Perulangan
dan percabangan pada Delphi dibagi menjadi beberapa perintah. Pada perulangan
terdapat For To DO, For Down To Do, Repeat Until dan While Do. Sedangkan pada
percabangan terdapat If Then, If Then Else dan Case. Program dibawah ini akan
menjelaskan penggunaan perulangan dan percabangan pada Delphi.
DESAIN PROGRAM
Tampilan
untuk Program Rangkuman Nilai
LISTING PROGRAM
Berikut
Kode Program pada Form Rangkuman Nilai :
procedure
TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var a, b, c :double;
begin
a := strtoInt
(Edit3.text);
b := strtoInt
(Edit4.text);
c := (a*0.7) +
(b*0.3);
begin
if(c>=90) and (c<=100) then
begin
ShowMessage(Edit1.Text+'
'+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Grade A');
end
Else if(c>=80) and (c<=89) then
begin
ShowMessage(Edit1.Text+'
'+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Grade B');
end
Else if(c>=70)
and (c<=79) then
begin
ShowMessage(Edit1.Text+'
'+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Grade C');
end
Else if(c>=60)
and (c<=69) then
begin
ShowMessage(Edit1.Text+'
'+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Grade D');
end
Else
begin
ShowMessage(Edit1.Text+'
'+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Tidak Lulus');
end
end;
end;
end.
LOGIKA PEMOGRAMAN
1. MEMBUAT TAMPILAN FORM RANGKUMAN NILAI
Dalam desain tersebut,
terdapat :
1. Label1 = Sebagai pemberi nama inputan
RANGKUMAN NILAI.
Label2 = Sebagai pemberi nama inputan NAMA.
Label3 =
Sebagai pemberi nama inputan KELAS.
Label4 =
Sebagai pemberi nama inputan NILAI UTS.
Label5 =
Sebagai pemberi nama inputan NILAI UAS
2. Edit1 = Sebagai tempat
penginputan nilai nama.
Edit2 = Sebagai tempat
penginputan nilai kelas.
Edit3 = Sebagai tempat
penginputan nilai UTS.
Edit4 = Sebagai tempat
penginputan nilai UAS.
3. Button1 =
Dengan Caption PROSES, sebagai akses untuk memproses nilai yang diinput.
Selanjutnya double klik pada button PROSES masukkan kode
program :
var a, b, c :double;
begin
a := strtoInt (Edit3.text);
b := strtoInt (Edit4.text);
c := (a*0.7) + (b*0.3);
begin
if(c>=90) and
(c<=100) then
begin
ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+'
'+FloattoStr(c)+' '+'Grade A');
end
Else if(c>=80) and
(c<=89) then
begin
ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+'
'+FloattoStr(c)+' '+'Grade B');
end
Else if(c>=70) and
(c<=79) then
begin
ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+'
'+FloattoStr(c)+' '+'Grade C');
end
Else if(c>=60) and
(c<=69) then
begin
ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+'
'+FloattoStr(c)+' '+'Grade D');
end
Else
begin
ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+'
'+FloattoStr(c)+' '+'Tidak Lulus');
end
end;
end;
end.
PENJELASAN
KODE PROGRAM
1.
var
a, b, c :double;
Kode program tersebut adalah proses pendeklarasian tipe data
dimana variabel a b, dan c bertipe data double.
2.
a :=
strtoInt (Edit3.text);
Kode program tersebut berfungsi inputan di edit3.text akan
selalu bertipe string.
3.
b :=
strtoInt (Edit4.text);
Kode program tersebut berfungsi inputan di edit4.text akan
selalu bertipe string.
4.
c :=
(a*0.7) + (b*0.3);
Kode program tersebut berfungsi mengalikan nilai variabel a
dan b dengan 0.7 dan 0.3 ke dalam variabel c.
5.
if(c>=90)
and (c<=100) then
begin
ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+'
'+FloattoStr(c)+' '+'Grade A');
end
Kode program tersebut berfungsi melakukan percabangan dengan
kondisi (c>=90) and (c<=100). Bila
nilai yang diinput sesuai dengan kondisi maka program akan memproses statement ShowMessage(Edit1.Text+'
'+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Grade A');
6.
Else
if(c>=80) and (c<=89) then
Begin
ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+'
'+FloattoStr(c)+' '+'Grade B');
end
Kode program tersebut diproses ketika perintah no 5 dilewati. Berfungsi melakukan percabangan
dengan kondisi (c>=80) and (c<=89).
Bila nilai yang diinput sesuai dengan kondisi maka program akan memproses
statement ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+'
'+'Grade B');
7.
Else
if(c>=70) and (c<=79) then
begin
ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+'
'+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Grade C');
end
Kode program tersebut diproses ketika perintah no 5 dan 6
dilewati. Berfungsi melakukan percabangan dengan kondisi (c>=70) and (c<=79) . Bila nilai yang diinput sesuai
dengan kondisi maka program akan memproses statement ShowMessage(Edit1.Text+'
'+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Grade C');
8.
Else
if(c>=60) and (c<=69) then
begin
ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+'
'+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Grade D');
End
Kode program tersebut diproses ketika perintah no 5 6 dan 7
dilewati. Berfungsi melakukan percabangan dengan kondisi (c>=70) and (c<=79(c>=60) and (c<=69) . Bila nilai yang diinput sesuai
dengan kondisi maka program akan memproses statement ShowMessage(Edit1.Text+'
'+Edit2.Text+' '+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Grade D');
9.
Else
begin
ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+'
'+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Tidak Lulus');
End
Kode program tersebut diproses ketika perintah no 5 6 7 dan 8
dilewati. Apabila nilai yang dimasukkan tidak sesuai dengan keempat kondisi
maka program akan memproses statement ShowMessage(Edit1.Text+' '+Edit2.Text+'
'+'Nilai Anda'+' '+FloattoStr(c)+' '+'Tidak Lulus');
OUTPUT
Tampilan
program saat memberikanhasil Grade A.
Tampilan
program saat memberikan hasil Grade B.
Tampilan
program saat memberikan hasil Grade C.
Tampilan
program saat memberikan hasil Grade D.
Tampilan
program saat memberikan hasil Tidak Lulus.
0 komentar:
Posting Komentar