Senin, 29 Juni 2015

Program Database dengan Delphi

Diposting oleh Unknown di 07.43




DataBase merupakan sekumpulan informasi data yang disimpan secara matematis di dalam komputer dan dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak untuk menghasilkan informasi. Dalam praktikum kali ini, pembuatan DataBase membutuhkan beberapa komponen diantaranya Data Access, Data Controls dan ADO.




DESAIN PROGRAM
Tampilan program :

 




LISTING PROGRAM
Kode Program pada Form Database :



procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
Adotable1.Open;
Adotable1.Append;
Adotable1.FieldByName('npm').AsString   := Edit1.Text;
Adotable1.FieldByName('nama').AsString  := Edit2.Text;
Adotable1.FieldByName('kelas').AsString := Edit3.Text;
Adotable1.Post;
Edit1.Text := '';
Edit2.Text := '';
Edit3.Text := '';
end;

procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin

Edit1.Text := '';
Edit2.Text := '';
Edit3.Text := '';
end;


procedure TForm1.Button3Click(Sender: TObject);
begin
Adotable1.Delete;
end;

procedure TForm1.Button4Click(Sender: TObject);
begin
if Button4.Caption = 'CHANGE' then
  begin
  edit1.text := Adotable1.fieldbyname('npm').AsString;
  edit2.text := Adotable1.fieldbyname('nama').AsString;
  edit3.text := Adotable1.fieldbyname('kelas').AsString;
  Button4.Caption := 'UPDATE'
  end
else if Button4.Caption = 'UPDATE' then
  begin
  adotable1.Edit;
  Adotable1.FieldByName('npm').AsString   := Edit1.Text;
  Adotable1.FieldByName('nama').AsString  := Edit2.Text;
  Adotable1.FieldByName('kelas').AsString := Edit3.Text;
  Adotable1.Post;
  Button4.Caption := 'CHANGE'
  end
end;

end.


LOGIKA PEMOGRAMAN

1.    MEMBUAT DATA DALAM MS.ACCESS

Dilakukan dengan membuat file baru blank yang selanjutkan akan disimpan terlebih dahulu dengan nama dan direktori yang diinginkan. Setelah itu akan muncul menu pop up untuk memberikan nama tabel. Isikan nama tabel(1) secara default atau sesuai yang dikehendaki. Pilih menu Design View untuk mengisikan NPM, NAMA, KELAS(2).

 


Masukan data seperti tampilan di atas. Setelah selesai klik close untuk menutup program.

1.    MEMBUAT TAMPILAN FORM PENGISIAN DATA

Langkah selanjutnya adalah membuat tampilan pengisian data sebagai tempat  untuk mengolah data.Masukan komponen-komponen dibawah ini



 

 



Setelah itu  buat tampilan form pengisian data :






Dalam design tersebut, terdapat :

1.    DBGrid1  = Sebagai tempat menampilkan tabel yang dibuat dalam Ms.Acess.

2.    ADOConnection = Sebagai penghubung/konektor pada Ms.Access dengan Delphi. 
3.    ADOTable1  = Sebagai penghubung tabel data pada Ms.Access dengan Delphi (DBGrid1)

4.    DataSource1 = Sebagai penghunung antara komponen tabel dengan komponen data control.

5.    LABEL
Label1                        = Sebagai pemberi nama inputan pada “NPM”
Label2                        = Sebagai pemberi nama inputan pada “NAMA”
Label3                        = Sebagai pemberi nama inputan pada “KELAS”

6.    EDIT
Edit1                           = Sebagai penginputan “NPM” dalam tabel.
Edit2                           = Sebagai penginputan “NAMA” dalam tabel.
Edit3                           = Sebagai penginputan “KELAS” dalam tabel.

7.    BUTTON
Button1                      = Dengan caption INPUT, sebagai tempat  pengeksekusian data yang diinput.
Button2                      = Dengan caption RESET, sebagai tempat penghapusan data yang batal diinput.
Button3                      = Dengan caption DELETE, sebagai tempat penghapusan  yang diinput.
Button4                      = Dengan caption UPDATE, sebagai tempat pengupdatean data yang diinput sebelumnya.

Setelah itu double klik pada Buttton INPUT lalu masukkan kode program:
begin
Adotable1.Open;
Adotable1.Append;
Adotable1.FieldByName('npm').AsString   := Edit1.Text;
Adotable1.FieldByName('nama').AsString  := Edit2.Text;
Adotable1.FieldByName('kelas').AsString := Edit3.Text;
Adotable1.Post;
Edit1.Text := '';
Edit2.Text := '';
Edit3.Text := '';
End;

Klik close untuk mengembalikan tampilan pada form. Setelah itu double klik lagi pada Button RESET lalu masukkan kode program :
Begin
Edit1.Text := '';
Edit2.Text := '';
Edit3.Text := '';
End;

Klik close untuk mengembalikan tampilan pada form. Setelah itu double klik lagi pada Button DELETE lalu masukkan kode program :
begin
Adotable1.Delete;
end;

Klik close untuk mengembalikan tampilan pada form. Setelah itu double klik lagi pada Button UPDATE lalu masukkan kode program :
begin
if Button4.Caption = 'CHANGE' then
  begin
  edit1.text := Adotable1.fieldbyname('npm').AsString;
  edit2.text := Adotable1.fieldbyname('nama').AsString;
  edit3.text := Adotable1.fieldbyname('kelas').AsString;
  Button4.Caption := 'UPDATE'
  end
else if Button4.Caption = 'UPDATE' then
  begin
  adotable1.Edit;
  Adotable1.FieldByName('npm').AsString   := Edit1.Text;
  Adotable1.FieldByName('nama').AsString  := Edit2.Text;
  Adotable1.FieldByName('kelas').AsString := Edit3.Text;
  Adotable1.Post;
  Button4.Caption := 'CHANGE'
  end
end;








PENJELASAN KODE PROGRAM :

1.    Adotable1.Open;
Kode program tersebut berfungsi untuk membuka data yang akan ditampilkan dalam DBGrid1.

2.    Adotable1.Append;
Kode program tersebut berfungsi untuk menambahkan data pada DBGrid1. 

3.    Adotable1.FieldByName('npm').AsString   := Edit1.Text;
Kode program tersebut berfungsi sebagai  penginputan NPM yang telah dimasukkan dalam Edit1,.

4.    Adotable1.FieldByName('nama').AsString  := Edit2.Text;
Kode program tersebut berfungsi sebagai  penginputan NAMA yang telah dimasukkan dalam Edit2.

5.    Adotable1.FieldByName('kelas').AsString := Edit3.Text;
Kode program tersebut berfungsi sebagai  penginputan KELAS yang telah dimasukkan dalam Edit3.

6.    Adotable1.Post;
Kode program tersebut berfungsi untuk menampilkan data ke dalam tabel DBGrid1.

7.    Edit1.Text := '';
Kode program tersebut berfungsi untuk menampilkan nilai kosong atau mengembalikan nilai variabel Edit1 menjadi kosong.

8.    Edit2.Text := '';
Kode program tersebut berfungsi untuk menampilkan nilai kosong atau mengembalikan nilai variabel Edit2  menjadi kosong.

9.    Edit3.Text := '';
Kode program tersebut berfungsi untuk menampilkan nilai kosong atau mengembalikan nilai variabel Edit3 menjadi kosong.

10. Adotable1.Delete;
Kode program tersebut berfungsi untuk mendelete data yang telah diinput dalam table yang ada di DBGrid1.



11. if Button4.Caption = 'CHANGE' then
Kode program tersebut berfungsi untuk mengeksekusi perintah yang sesuai dengan kondisi. Dimana bila Button4 yang bercaption change di klik maka akan melakukan perintah dibawahnya.

12. else if Button4.Caption = 'UPDATE' then
Kode program tersebut berfungsi untuk mengeksekusi perintah kedua yang sesuai dengan kondisi. Dimana bila Button4 yang bercaption update di klik maka akan melakukan perintah dibawahnya.

13. Button4.Caption := 'CHANGE'
Kode program tersebut berfungsi untuk menampilkan kata CHANGE pada Button4.


1.    MENGHUBUNGKAN MS.ACCESS DENGAN PROGRAM DELPHI

1.    Double klik pada icon ADOConnection1 pada form atau pada Object Inspektor klik tanda … pada Connection String.
 


2.    Centang kolom Use Connection String lalu klik Build.

  


3.    Pilih Microsoft Jet 4.0 OLE DB Provider. Lalu klik Next.

 


4.    Masukan file DataBase yang telah dibuat lalu klik test Connection untuk pengecekan. Setelah berhasil klik tombol OK.

 



5.    Klik ADOConnection lalu lihat pada Object Inspektor, LoginPrompt diubah menjadi False agar permintaan password saat mengakses tidak ada. Lalu ada Connection diubah menjadi True agar terkoneksi antara database dengan program Delphi.

 


6.    Klik ADOTable1 lalu lihat pada Obejct Inspektor. Ubah Active menjadi True. Pada Connection pilih klik lalu pilih ADOConnection1 dan pada TableName klik lalu pilih datadita yang merupakan nama tabel dari data Ms.Access.
 
 


7.    Klik DataSource1 lalu lihat pada Object Inspektor. Klik pada DataSet lalu pilih ADOTable1.

 



8.    Klik BDGrid1 lalu lihat Object Inspektor. Pada DataSourse klik dan pilih DataSource1.

 




Maka tampilan DBGrid akan berubah menjadi :




9.    Bila terlihat tabel npm nama dan kelas terlalu panjang. Double klik pada DBDrid1. Lalu lakukan perintah dibawah.
 
 


10.     Lalu klik pada npm , lihat di obejct Insektor, perkecil ukuran Width sesuai kebutuhan. Lakukan hal yang sama pada nama dan kelas.
 



OUTPUT

Tampilan Form Pengisian Data saat proses Input.



0 komentar:

Posting Komentar

Pink Bobblehead Bunny
 

My ( Mind + Act + Story ) Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting