Selasa, 10 Maret 2015

Tinjauan Tentang Ilmu Budaya Dasar

Diposting oleh Unknown di 15.02




Pendahuluan

Latar belakang

          Sebagian besar mata kuliah yang diajarkan kepada mahasiswa dari perguruan tinggi merupakan materi-materi yang mengarah pada suatu ilmu dan skill. Mahasiswa yang mengambil jurusan keilmuan akan mengkaji hal-hal yang bersifat teoritis sedangkan mahasiswa teknik dibina untuk mengembangkan skill sesuai program studi. Penyempitan materi yang diajarkan memang sesuai untuk menciptakan tenaga-tenaga spesialis. Namun bila semua yang diajarkan terlalu terfokus pada suatu kajian, mahasiswa akan mempunyai pandangan yang sempit terhadap ruang lingkup pekerjaannya.
          Setelah terjun ke dunia kerja, bukan sekedar ilmu dan skill yang harus diterapkan, namun budaya sekitar perlu untuk diperhatikan agar hubungan kerja dari perbedaan bidang pekerjaan dapat terjalin dengan baik. Disinilah kegunaan Ilmu Budaya Dasar sebagai bekal untuk kelancaran berkomunikasi.

 Tujuan :
       1. Mahasiswa memiliki pengetahuan yang luas tentang kebudayaan Indonesia
            2. Mahasiswa memahami dasar-dasar mengenai budaya Indonesia.


Pembahasan

Ilmu Budaya Dasar sebagai Bagian dari mata kuliah Umum

          Menempatkan Ilmu Budaya dasar sebagai mata kuliah dasar umum (MKDU) mempunyai tujuan untuk menghasilkan warga sarjana yang berkualifikasi sebagai berikut:
  1. Berjiwa Pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan pengalaman nilai-nilai pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahuluka kepentingan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia.
  2. Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya, dan memiliki tenggang rasa terhadapa pemeluk agama lain.
  3. Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral di dalam menyikapi permasalahan kehidupan baik social, ekonomi, politik, kebudayaan maupun pertahanan keamanan.
  4. Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat dan secara bersama-sama mampu berperan serta meningkatkan kualitasnya, maupun lingkungan alamiahn dan secara bersama-sama berperan serta didalam pelestariannya.
        Jadi pendidikan umum yang menitik beratkan pada usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa, pada dasarnya berbeda dengan mata kuliah-mata kuliah bantu yang bertujuan untuk menopang keahlian mahasiswa dalam disiplin ilmunya.demikian pula berbeda dengan pendidikan keahlian yang bertujuan untuk mengembangkan keahlian mahasiswa dalam bidang atau disiplin ilmunya.

Pengertian Ilmu Budaya Dasar

           Istilah Ilmu Budaya Dasar merupakan pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari bahasa inggris “The humanities” yang berarti manusia, berbudaya dan halus. Maksud dari kata tersebut bila kita mempelajarinya diharapkan kita dapat menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian the humanities berkaitan dengan nilai-nilai yaitu nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya.
          Ilmu Budaya Dasar termasuk kelompok pengetahuan budaya. Hal ini sesuai  oleh pendapat Prof.Dr.Harsya bachtiar yang mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar, yaitu:

          1. Ilmu-ilmu Alamiah (natural science)
        Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini menggunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hokum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis itu kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi. Hasil penelitiannya 100% benar dan 100% salah. Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu alamiah antara lain astronomi, fisika, kimia, biologi, kedokteran dan mekanika.

         2. Ilmu-ilmu Sosial (social science)
         Ilmu-ilmu social bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteratuarn yang terdapat dalam hubungan antar manusia. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode ilmuah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu ilmiah. Tetapi hasil penelitiannya tidak mungkin 100% benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteratuan dalam hubungan antar manusia itu tidak dapat berubah dari saat ke saat. Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu social anatara lain ilmu ekonomi, sosiologi, politik, demografi, psikologi, antropologi social, sosiologi hokum, dsb.

         3. Pengetahuan Budaya (the humanities)
       Pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusia. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan penyataan-pernyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti. Peristiwa-peristiwa dan penyataan itu pada umumnya terdapat dalam tulisan-tulisan. Metode ini tidak ada sangkut pautnya dengan metode ilmiah, hanya mungkin ada pengaruh dari metode ilmiah.

         Dari pengertian di atas, dapat dikatakan Ilmu Budaya Dasar  dasar berbeda dengan Pengetahuan. Ilmu budata dasar dalam bahasa Inggris disebut Basic Humanities. Pengetahuan budaya dalam bahasa inggris disebut dengan The humanities. Pengetahuan Budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai makhluk berbudaya (homo humanus), sedangkan Ilmu Budaya Dasar bukan ilmu tentang bdaya, melainkan mengenai pengethuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusa dan budaya.

Tujuan Ilmu Budaya Dasar

          Sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara meperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya tehadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitanya, maupun dirinya sendiri.
Untuk menjangkau tujuan tersebut Ilmu Budaya Dasar diharapkan dapat :
              1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
              2. Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jauh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi karena ruang lingkup pendidikan kita amat sempit dan condong membuat manusia spesialis yang berpandangan kuarang luas.

    Ruang lingkup ilmu Budaya Dasar
    Terdapat dua masalah pokok yang menjadi cakupan ruang lingkup :
              1. Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah manusia dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (The Humanities), baik dari segi masing-massing keahlian (disiplin0 didlaam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar budaya) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
              2. Hakekat manusia yang universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat. Dalam menlihat dan menghadapi lingkungan alam, social dan budaya, manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan-kesamaan, akan tetapi juga ketidak seragaman yang diungkapkan secara tidak seragam, sebagaimana, yang terlihat ekspresinya dalam berbagai bentuk dan corak ungkapan, pikiran, dan perasaaan, tingkah laku, dan hasil kelakuan mereka.

    Daftar Pustaka
    Nugroho, Widyo dkk (1996). MKDU : Ilmu Budaya Dasar. Gunadarma

    1 komentar:

    Unknown on 9 Juli 2015 pukul 21.05 mengatakan...

    TERIMA KASIH BESAR MAN DARI ALLAH ...

    Nama saya KARI, saya telah di perbudakan besar selama hampir 2 tahun menderita di tangan suami yang berselingkuh, kami senang dan meninggalkan baik sampai ia berarti waktu pacar lamanya dan ia mulai berkencan nya luar pernikahan kami. Sebelum Anda tahu itu ia berhenti merawat keluarganya sendiri. Itu sampai ke mana, ia berencana untuk menikah dengannya dan menceraikan saya istrinya sendiri, saya menangis dan melaporkan dia ke keluarganya, tapi ia tidak pernah mendengarkan siapa pun kecuali untuk memotong cerita pendek saya saya datang dalam mencari spiritualis nyata yang bisa menghancurkan hubungan mereka dan membuatnya kembali saya dan 2 anak-anak.

        Pada pencarian saya saya melihat orang-orang yang diberikan kesaksian tentang bagaimana pernikahan mereka di mana dipulihkan oleh Dr Solo Wise. Saya memilih email dan menceritakan kisah saya kepadanya dan dia setuju untuk membantu saya. Setelah karyanya dilakukan untuk saya, pada hari ketiga suami saya dan pacar memiliki bertengkar dan ia mengalahkan dia dan dia pulang memohon saya dan anak-anak dan meminta pengampunan. Dia mengatakan matanya jelas sekarang dan dia tidak akan pernah melakukan apa pun untuk menyakiti keluarganya lagi dan berjanji untuk menjadi ayah yang peduli dan tidak pernah menipu lagi. Saya sangat sangat senang bahwa saya tidak kehilangan dia untuk gadis semua penghargaan pergi ke Dr Solo Wise untuk Anda adalah Man besar dikirim oleh Tuhan untuk membantu orang-orang dari dunia ini. Saya memiliki rasa dari keajaiban bantuan Anda dan saya akan terus menceritakan perbuatan baik Anda. dan kepada siapa ini berkepentingan ini emailnya: drsolowisetemple@gmail.com
       
         Dr Solo bilang aku juga bisa menghubungi dia di banyak masalah lain termasuk:

    (1) jika Anda selalu memiliki mimpi buruk.
    (2) Anda ingin dipromosikan di kantor Anda.
    (3) Anda ingin wanita / pria berjalan setelah Anda.
    (4) Jika Anda ingin anak.
    (5) Anda ingin menjadi kaya.
    (6) Anda ingin memegang suami / istri menjadi milik Anda selamanya.
    (7) Jika Anda memerlukan bantuan keuangan.
    (8) perawatan Herbal
    (9) Jika Anda tidak dapat memenuhi keinginan istri seks Anda karena ereksi rendah.
    (10) Masalah dengan menstruasi
    (11) jika Anda menolak untuk dibayar, orang karena Anda ?.
    (12) memecahkan masalah tanah dan mendapatkannya kembali.
    (13) Apakah keluarga Anda Denny Anda dari kanan?
    (14) Cure apapun penyakit atau sakit.

         Hubungi dia hari ini dan pastikan Anda kebahagiaan hanya memiliki dia lakukan untuk saya. Email: drsolowisetemple@gmail.com

    Posting Komentar

    Pink Bobblehead Bunny
     

    My ( Mind + Act + Story ) Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting