Selasa, 10 Maret 2015

Pakai kembali buku bekasmu teman^^

Diposting oleh Unknown di 13.11

Assalamu’alaikum minnasan..

          Apa kamu punya tumpukan buku tulis bekas yang belum dibuang?? Kalau ada jangan dibuang dulu. Aku punya ide tuk menyulap buku yang mulai diacuhkan jadi dilirik lagi^^ Daripada kita membuangnya dan membeli buku barukan sebuah pemborosan. Jadi lebih baik kita reuse.
        
          Ide ini muncul saat aku membersihkan semua buku-buku di kamar dan rumah. Melihat begitu banyak buku tulis, aku cek satu-satu masih adakah lembaran yang kosong, lalu aku sobek dan pisahkan. awalnya kertas-kertas yang sudah dipisahkan akan kujadikan kotretan atau untuk catatan belanja bibi di rumah. Tapi setelah semua buku tulis yang ada aku pisahkan kertas kosongnya, ternyata banyak sekali…

Lihat deh sampai setebal ini


          Setelah aku pisahkan lagi menurut merek kertasnya sambil menghitung, semua kertas ini berjumlah sekitar 500. Wowww banyakkan?? Sayang sekali kalau harus dibuang. Toh saat kita membeli buku yang baru kertasnya tetap sama akan seperti itu.

          Jadi deh mulai mikir mau diapain? Kalau sekedar buat catatan belanja bibi yaa kebanyakan. Jadi aku kepikiran untuk dipakai sendiri saja. Aku sulap menjadi buku, notes dan kertas binder. Ini dia prosesnya:

      1. Kertas yang sudah disobek, dirapikan sisi-sisinya.


      2. Urusan motongnya segimana sih terserah, sesuai keinginan kamu. Nanti jadinya seperti ini.
      3. Lalu setelah semua kertas dirapikan, dipisah lagi mana kertas yang ingin dijadikan buku, notes, atau kertas binder
     
      4. Kalau ingin dijadikan buku atau note, tinggal dijilid seperti ini.

      5. Bedanya kalau note, ukuran kertas jadi lebih kecil. Satu lembar kertas dipotong lagi menjadi dua.

          Memang jadi terlihat kuno karena dijilid, tapi apa salahnya? Yang mau dipakaikan dalamnya^^ lagipula kalau dijilid spiral dengan desain kover yang cool, kawai, kewreeen, akan serupa dengan buku-buku yang baru, iyakan? Disini aku menggunakan sampul buku yang sudah tidak terpakai juga, aku manfaatkan lagi hehehe..

          Lalu untuk membuat kertas  binder, siapkan pembolong kertas tunggal, penjepit kertas, dan kertas binder sebagai cetakan.

1. Taruh kertas kosong dibelakang kertas binder.

          2. Jepit dengan penjepit kertas agar tidak bergeser.
           
      3. Lalu bolongi kertas tersebut satu persatu.
  
       4. Lihat nanti kertas bindernya seperti ini.

          Selamat mengerjakan^^ pekerjaan ini membutuhkan tingkat kesabaraaaaaan yang tinggi, karena lama dan tangan menjadi sakit setelah membolongi ratusan kertas. Tapi tak apa^^ asal aku bahagia~ hahahahaha…

          Jadi ada perasaan gimana gitu setelah selesai. Gak akan sama saat membeli buku baru. Itung-itung save the earth juga, jadi kayu-kayu yang dijadikan bahan pembuatan kertas akan berkurang. Dan berkurang juga pengeluaran uangku hehehe…

Sekian minnasan
Sampai berjumpa di handmade by ditachan selanjutnya^^


Wassalamu’alaikum.

0 komentar:

Posting Komentar

Pink Bobblehead Bunny
 

My ( Mind + Act + Story ) Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting